Syarat dan Ketentuan

Posted on 14 Aug 2020 09:16:46

SYARAT DAN KETENTUAN SEKARTAMA+

Selamat datang di Sekartama+

 

Dengan menjadi User Sekartama+, maka Anda dianggap telah mengetahui dan menyetujui untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak Sekartama+. Apabila Anda tidak menyetujui syarat dan ketentuan ini, Anda diharapkan untuk berhenti menggunakan layanan sebagai anggota Sekartama+. Layanan sebagai User Sekartama+ hanya terbatas pada pelanggan yang mempunyai akun Sekartama+. User Sekartama+ bertanggungjawab penuh terhadap akses dan pin yang digunakan. Pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan ini merupakan perbuatan melawan hukum yang didasarkan pada hukum yang berlaku di Indonesia atau Undang-Undang serta peraturan yang berlaku

 

Kami berharap User Sekartama+ memperhatikan poin-poin berikut :

1. Istilah dan Definisi               

  1. Sekartama + adalah aplikasi yang dioperasikan menggunakan smartphone berbasis android. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan nasabah KOSPIN Sekartama untuk melakukan beberapa aktivitas diantaranya topup, simpanan, permohonan pinjaman, setoran dan pembayaran – pembayaran tagihan bulanan secara online seperti telepon, listrik, Multifinance, Tv Kabel, BPJS dan lainnya serta untuk melayani pembelian pulsa, top-up saldo dan lainnya. 
  2. Syarat dan Ketentuan adalah bentuk kesepakatan antara User Sekartama+ dengan Kospin Sekartama yang mengatur hak serta kewajiban antara kedua belah pihak yang menggunakan layanan Sekartama+.
  3. User Sekartama+ dalam menggunakan layanan Sekartama+ dapat sebagai Personal Sekartama+ yaitu pihak perseorangan yang menggunakan layanan Sekartama+ sebagai pembeli/konsumen.
  4. Akun Sekartama+ adalah identitas pengguna Sekartama+ untuk keperluan User Sekartama+ dalam mengakses layanan dan aplikasi Sekartama+.
  5. Saldo Sekartama+ adalah sejumlah dana yang tersimpan pada akun User Sekartama+.
  6. Transaksi adalah semua kegiatan finansial menyangkut saldo Sekartama+ milik User, termasuk dan tidak terkecuali setor dana (deposit) dan kirim dana (transfer)yang tersedia dalam aplikasi Sekartama+
  7. Data transfer adalah data yang tercantum pada mutasi bank, yang berisi nama, jumlah, berita dan keterangan lain dari pengirim dana.
  8. PIN (Personal Identification Number) Sekartama+ adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh user Sekartama+ serta harus dicantumkan/dimasukkan oleh anggota pada saat melakukan transaksi pada aplikasi Sekartama+. Dengan digunakannya PIN  untuk membuktikan bahwa user bersangkutan adalah yang berhak atas layanan Sekartama+.

 

2. Keanggotaan, Pin dan Keamanan

  1. Akun Sekartama+ merupakan kode yang bersifat unik dan kewenangan penggunaannya ada pada User Sekartama+. Akun Sekartama+ bersifat tetap.
  2. Layanan keanggotaan adalah layanan penyediaan aplikasi sistem Sekartama+ yang meliputi transaksi penyetoran dana (deposit) dan pengiriman dana (transfer) antar akun user.
  3. Seluruh anggota Sekartama+ dibebaskan dari biaya pendaftaran keanggotaan Sekartama+.
  4. User Sekartama+ wajib memberikan informasi yang benar dan akurat, termasuk tidak terbatas berisi nama lengkap, alamat, nomor telepon, nomor handphone, alamat email dan tanggal lahir. Apabila User Sekartama+ memberikan informasi yang tidak benar, tidak tepat, atau tidak lengkap, maka kami berhak untuk menangguhkan atau mengakhiri akun user Sekartama+.
  5. Apabila diketahui dan dapat dibuktikan bahwa calon atau user Sekartama+ mengisi data diri dan/atau menggunakan identitas palsu maka kami berhak membekukan akun tersebut beserta dana yang ada di dalamnya tanpa persetujuan terlebih dahulu.
  6. Akun yang dibekukan oleh pihak Sekartama+, seperti yang dijelaskan pada Pasal Keanggotaan, Pin, dan Keamanan point 2.5. di atas dapat diaktifkan kembali dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut : Memberikan data diri dan data akun yang dibekukan.  Mengunggah identitas diri yang asli dan masih berlaku.Memberikan dan/atau mengunggah data lainnya yang diperlukan.
  7. User Sekartama+ bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan akun dan pin User Sekartama+ tersebut, dan bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kegiatan yang diatasnamakan nama akun user sekartama+ tersebut.
  8. User Sekartama+ bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan email pribadi.
  9. User Sekartama+ diizinkan untuk merubah atau memperbaharui informasi keanggotaanya berkenaan dengan informasi pribadi setiap saat. User Sekartama+ juga diizinkan untuk menutup keanggotaannya secara permanen.
  10. Kospin Sekartama berhak sepenuhnya untuk membatasi, memblokir, atau mengakhiri pelayanan dari suatu akun dan mengambil tindakan atau langkah hukum apapun jika menganggap User Sekartama+ melanggar hukum yang berlaku. Kospin Sekartama berhak untuk menutup akun User Sekartama+ baik sementara maupun untuk seterusnya apabila diduga adanya tindakan kecurangan atau tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan.
  11. Kospin Sekartama berhak meminta kartu identitas User Sekartama+ berupa KTP/atau Surat Izin Mengemudi (SIM) saat melakukan proses verifikasi akun Sekartama+.
  12. Kospin Sekartama mempunyai hak penuh untuk menyetujui dan menolak saat proses verifikasi User Sekartama+ dan Kospin Sekartama juga berhak meminta data pendukung dalam proses verifikasi jika dirasa perlu.
  13. User Sekartama+ menyetujui bahwa proses menjadi User Sekartama+ hanya akan berlaku setelah seluruh persyaratan yang diminta Kospin Sekartama dipenuhi oleh user dan proses registrasi telah melalui proses verifikasi yang disetujui.
  14. User Sekartama+ juga tidak diperbolehkan untuk mengalihkan akun kepada pihak lain dengan cara apapun tanpa sepengetahuan dan persetujuan tertulis dari Kospin Sekartama. Apabila User Sekartama+ melanggar ketentuan ini, maka seluruh akibat dan risiko sepenuhnya merupakan tanggung jawab user Sekartama+ sendiri yang mengalihkan akun.
  15. Kospin Sekartama menghimbau kepada User Sekartama+ untuk tidak memberikan data penting kepada pihak lain atau pihak yang mengatasnamakan Sekartama+ yang tidak dapat dijamin keamanannya.

 

3. Kebijakan Privasi

  1. Kospin Sekartama menjamin kerahasiaan User Sekartama+ dari pihak lain. Kospin Sekartama tidak akan menjual, menukar, atau mengirimkan informasi yang diberikan oleh User Sekartama+  kepada pihak ketiga yang tidak berkepentingan.
  2. Kospin Sekartama dapat menyampaikan informasi yang didapat dari User Sekartama+, termasuk namun tidak terbatas pada permintaan dan/atau diperintahkan oleh hukum, memenuhi kepatuhan undang-undang yang berlaku, dari pihak berwajib, bank sentral, maupun lembaga keuangan negara lainnya.
  3. User Sekartama+ tidak boleh mempergunakan keanggotaannya untuk kegiatan melanggar hukum internasional, melanggar hak-hak pihak lain atau kegiatan yang tidak sesuai dengan persyaratan dan ketentuan Sekartama+.

 

4. Kewajiban dan Hak

  1. Kewajiban User Sekartama+

       2. Hak User Sekartama+

     3. Berdasarkan Kewajiban dan Hak User Sekartama+, maka :

 

 5. Transaksi                                                  

     1. Informasi yang dibutuhkan

Kospin Sekartama akan membutuhkan informasi-informasi berikut dari para anggota Sekartama+: nama lengkap, alamat, nomor telepon, email, alamat website, tanggal lahir, dan/atau akun bank yang sebenar-benarnya.

    2. Informasi Transaksi

    3. Penyetoran Dana (Deposit)

    4. Pengiriman Dana (Transfer)

Pihak pengirim dana wajib memastikan terlebih dahulu akun Sekartama+ penerima dana yang dituju untuk mencegah terjadinya kesalahan pengiriman dana.

 

6. Kospin Sekartama tidak bertanggungjawab atas semua transaksi yang dilakukan oleh pemilik akun Sekartama+

  1. Kelalaian, adalah tindakan tanpa sengaja atau sengaja yang dilakukan pemilik akun Sekartama+(salah memasukan akun Sekartama+ dan/atau salah memasukan jumlah nilai dalam transaksi).
  2. Penggunaan Oleh Pihak Lain, adalah akun Sekartama+ yang digunakan bukan oleh pemiliknya sendiri termasuk tidak terbatas pada peretasan, penggunaan oleh teman, saudara, dan keluarga.

 

 7. Penonaktifan Akun

  1. Kospin Sekartama berhak menonaktifkan akun Sekartama+ yang sudah tidak aktif selama 6 (enam) bulan berturut-turut.
  2. Kospin Sekartama akan membekukan dana user Sekartama+, apabila akun user Sekartama+ tersebut tidak aktif selama 6 (enam) bulan berturut – turut dan user Sekartama+ tersebut tidak dapat dihubungi oleh pihak Kospin Sekartama dalam rangka pemberitahuan perihal pengembalian dana tersebut dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada user Sekartama+ tersebut selama 3 (tiga) kali pemberitahuan selama 30 (tiga puluh) hari.
  3. Akun user Sekartama+ yang telah dinon-aktifkan dapat diaktifkan kembali dengan ketentuan sebagai berikut:

 

8. Kontak, Layanan Pelanggan, dan Pengetahuan Umum

  1. Kospin Sekartama menyediakan layanan pelanggan Sekartama+, kontak langsung dengan layanan pelanggan untuk menjawab semua pertanyaan- pertanyaan dari anggota dan/atau calon user Sekartama+ di jam layanan Sekartama+.
  2. User Sekartama+ dapat mengirimkan pertanyaan melalui email pada kami di luar jam layanan Sekartama+ dan akan dibalas di jam layanan selanjutnya.

 

9. Pemalsuan Identitas/Identitas Tidak Sebenarnya

  1. Sekartama+ mempunyai hak penuh untuk menyetujui dan menolak dalam proses verifikasi member dan jika diperlukan Sekartama+ juga berhak meminta data – data pendukung dalam proses verifikasi jika dirasa perlu.
  2. Apabila diketahui dan dapat dibuktikan bahwa calon dan/atau user Sekartama+ mengisi data diri palsu dan/atau menggunakan identitas palsu maka Kospin Sekartma berhak membekukan akun yang ada di dalamnya tanpa persetujuan terlebih dahulu.
  3.  Akun yang dibekukan oleh pihak Sekartama+ dapat diaktifkan kembali dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :

 

10. Pelepasan Tuntutan

Jika user Sekartama+ memiliki perselisihan dengan satu atau lebih anggota lainnya, anggota Sekartama+ melepaskan Sekartama+ (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka user Sekartama+ dengan sadar dan tanpa tekanan membebaskan Sekartama+ dari segala macam tuntutan.

 

11. Ganti Rugi

User Sekartama+ akan membebaskan Kospin Sekartama (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) dari tuntutan ganti rugi dan/atau biaya yang timbul dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal user Sekartama+ melanggar perjanjian ini, penggunaan layanan Sekartama+ yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran user Sekartama+ terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga

 

12. Force Majeure

User Sekartama+ akan membebaskan Kospin Sekartam dari segala macam tuntutan apapun dan dalam bentuk apapun, dalam hal  tidak dapat melaksanakan instruksi dari anggota (pengguna) baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan aplikasi Sekartama+, termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer atau Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat mengganggu layanan Sekartama+,  Internet Service Provider, bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, sabotase, pemogokan masal, serta kejadian - kejadian atau sebab - sebab lain di luar kendali atau kemampuan Sekartama+.

 

13. Penyelesaian Perselisihan

Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum di Indonesia tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. user Sekartama+ setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan di Indonesia.

 

14. Penutup

Dengan mendaftar sebagai user Sekartama+, berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan ini dengan sadar dan tanpa paksaan. Syarat dan ketentuan ini dapat mengalami perubahan sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan